This Year...

Saya rasa, tahun ajaran baru ini cukup membuat saya dan teman-teman bingung. Mungkin sudah lama saya merasakannya, tapi baru beberapa hari ini, setelah libur lebaran, saya baru menyadarinya. Kalau saya pikir, ini hanya masalah adaptasi saja.

Adaptasi dengan pelajaran.

Adaptasi dengan guru-guru baru.

Adaptasi dengan jadwal dan kegiatan baru.

Adaptasi dengan pembelajaran yang gila-gilaan.

Sebenarnya, saya suka dengan pelajaran Fisika. Apalagi kalau yang mendekati astronomi, seperti gravitasi dan hukum-hukumnya Kepler. Tapi....

Saya memiliki kebiasaan jelek, yakni bergantung pada guru. Maksud saya, misalkan, saat saya menyukai pelajaran tertentu, kemudian guru yang mengajar pelajaran tersebut tidak terlalu menyenangkan, saya bisa "kehilangan rasa" dengannya. Dan sayangnya, saya mengalaminya kali ini. Di Fisika.

Hal ini membuat saya memiliki beban banyak. Teman-teman saya pun begitu.

Padahal, secara tidak langsung kita membutuhkan Fisika setiap harinya. Berapa sih, tekanan yang kita lakukan pada jari-jemari kita saat menekan tuts keyboard? Berapa sih, frekuensi gelombang suara saat kita menelepon orang tua kita? Berapa sih, gaya yang kita lakukan saat menuntun sepeda yang bannya bocor? Kadang, kita tidak menyadarinya ya :)

Bermacam-macam gejala alam yang dapat kita ketahui dari ilmu Fisika. Gambar diambil dari sini :)


Sekarang, saya harus berjuang untuk melepas beban itu. Dengan usaha, dengan doa. Agar tidak ada lagi kesempatan untuk "kehilangan rasa" pada pelajaran. Bismillah!


Comments

  1. mungkin butuh adaptasi dulu dengan guru baru ini...

    ReplyDelete
  2. pasti bisa untuk menghilangkan kehilangan rasa itu.

    ReplyDelete
  3. weh... anak IPA nih.. hehe

    saya juga gitu mbak.. seneng nggak senengnya sama pelajaran itu tergantung gurunya..

    ReplyDelete
  4. Terkadang sang guru atau dosen mempengaruhi juga mood belajar siswa. Kalau sang pengajar menyenangkan, murid juga semangat mengikuti pelajarannya.

    ReplyDelete
  5. saya juga menyukai fisika...dengan fisika kita bisa belajar mengenal lebih dalam kejadian-kejadian alam....keep happy blogging dan tetap semangat dalam kehidupan :)

    ReplyDelete
  6. ayooo semangaaaat kawan :D

    ReplyDelete
  7. fisika??? emmm... pelajarn yg berhasil mengusirku dr IPA.
    semangattt... :):)

    ReplyDelete
  8. kembali hadir dimari, komennya belom dibales hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. terkadang seorang siswa bergantung dengan model dan pembawaan yang diajarkan gurunya kalau guru itu asik pelajaran pun dengan mudah dapat dicerna, saya juga dulu pernah seperti itu :)

      Delete
  9. Asli saya juga bidang fisika, tapi sebagai penikmat karya-karya fisika. Kalau secara capability...parah deh, wali kelas saya dulu smpt protes wong ambil jurusan Fisika tapi nilai Fisika saya redup di banding lainnya..

    Selamat beradaptasi yaa

    ReplyDelete
  10. hadir lagi menyapa sahabat :)

    ReplyDelete
  11. aku juga butuh adaptasi dari kantor menuju bangku kuliah kok,jadi kita sama2 :D

    ReplyDelete
  12. Fokus fokus fokus!!
    Great!
    :))

    ReplyDelete
  13. main disini berasa seger dan masih muda bwahahahahha :P ya Allah umur saya udah banyak ajaaa

    ReplyDelete
  14. Terimakasih karna tulisan ini sudah mengingatkan masa-masa indah di SMA dulu

    ReplyDelete
  15. penting banget ya pelajaran fisika itu...

    seberapa gesekan yg ditimbulkan oleh silinder yang menggelinding. berapa beban yang bisa ditanggung oleh katrol dg diameter 15 centi... hoaam... #angop

    ReplyDelete
  16. sama..saya juga tergantung dengan dosen nilainya T_T

    ReplyDelete
  17. Semangat Rakyan, do the best bcs you're the best;)

    ReplyDelete
  18. Blog nya keren banget.. nih....
    dan juga postingan nya
    salam kenal

    komentarin artikel in ya min

    timkomte.com/2012/09/traffic-pengunjung-rumahku-turun.html

    ReplyDelete
  19. ganbatte kudasai. tetep semangat yaaaa

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts